Jl. Sunan Ampel No.7 Kota Kediri Jawa Timur 64127

(0354) 689282

TEKEN MOU DENGAN FKUB JAWA TIMUR: REKTOR IAIN KEDIRI TEGASKAN PENTINGNYA KOLABORASI DALAM PENGUATAN MODERASI BERAGAMA

IAIN Kediri Newsroom – Bertempat di kantor Forum Kerukunan Beragama (FKUB) Jawa Timur, pada tanggal 30 Agustus 2023 dilaksanakan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri dengan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Jawa Timur. Hadir dalam kesempatan ini Rektor IAIN Kediri, Wahidul Anam, Ketua FKUB Jawa Timur, Hamid Syarif, Ketua Umum Permabudhi, Prof. Dr. Philip K. Widjaja, Dekan Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, A. Halil Thahir, Kepala Program Studi Agama-Agama IAIN Kediri, Mohammad Arif, Sekertaris Program Studi Agama-Agama IAIN Kediri, M Thoriqul Huda, dan Staff FKUB Jawa Timur, Roziqin.

Dalam sambutannya Wahidul Anam menyampaikan bahwa dalam membangun ekosistem masyarakat yang rukun dan damai, diperlukan sinergitas antar lembaga, termasuk dalam hal ini kolaborasi antara IAIN Kediri dengan FKUB Jawa Timur. Program Moderasi Beragama sebagaimana yang dicanangkan pemerintah dalam RPJMN 2020-2024, dan menjadi salah satu Misi Kementerian Agama 2020-2024 yakni Memperkuat Moderasi Beragama dan Kerukunan Umat Beragama, menjadi salah satu program bersama yang harus terus disosialisasikan pada masyarakat, agar tumbuh masyarakat yang toleran dan terbangun suasana rukun dan damai.

Sementara itu Ketua FKUB Jawa Timur, Hamid Syarif, menyampaikan persetujuannya dengan menekankan pentingnya kolaborasi antar lembaga dalam memperkuat basis kerukunan beragama di masyarakat. Hamid Syarif menambahkan bahwa menjaga kerukunan beragama merupakan tanggung jawab berat yang membutuhkan partisipasi banyak pihak, oleh karena itu dengan kolaborasi ini diharapkan “Moderasi Beragama dan kerukunan beragama” dapat tersosialisasikan lebih massif lagi, bahkan sampai pada masyarakat akar rumput, melalui program-program tri dharma yang dimiliki oleh IAIN Kediri.

Di akhir rangkaian acara pendatanganan Memorandum of Understanding (MoU) juga dilakukan penyerahan buku Moderasi Beragama dalam prespektif agama-agama oleh Ketua FKUB Jawa Timur kepada Rektor IAIN Kediri sebagai bahan literasi dalam memperkuat Moderasi Beragama dalam perspektif agama-agama.

Penulis: M Thoriqul Huda
Editor: Ropingi el-Ishaq


You Might Also Like