Jl. Sunan Ampel No.7 Kota Kediri Jawa Timur 64127

(0354) 689282

JAJAKI KERJA SAMA, IAIN KEDIRI KUNJUNGI KJRI JOHOR BAHRU MALAYSIA

IAIN Kediri Newsroom – IAIN Kediri bertandang ke Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Johor Bahru Malaysia pada Kamis (20/07/2023) pagi. Rombongan sivitas akademika IAIN Kediri disambut hangat oleh Pelaksana Fungsi Penerangan Sosial Budaya (Pensosbud) KJRI Johor Bahru, Mohamad Rizali Noor.

Wakil Rektor 1, Ahmad Subakir, yang turut hadir menyampaikan bahwa kunjungan ini merupakan salah satu tahap untuk mencapai visi IAIN Kediri yang berfokus pada pencapaian nilai unggul bertaraf internasional.

Untuk mewujudkan visi ini, IAIN Kediri terus berkolaborasi dengan berbagai pihak di kancah internasional. Setelah sebelumnya bersepakat dengan dua perguruan tinggi di Malaysia yakni Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM) dan Universiti Islam Selangor (UIS), kini pihaknya menyasar kolaborasi pendidikan dan pengabdian dengan KJRI Johor Bahru.

Inisiasi ini disambut baik oleh pihak KJRI Johor Bahru. Dalam paparannya, Pensosbud KJRI Johor Bahru, Rizali, menyampaikan beberapa macam program pengabdian masyarakat yang dapat digagas oleh perguruan tinggi sebagai salah satu solusi penyelesaian permasalahan Warga Negara Indonesia (WNI) di Malaysia. Beberapa di antaranya adalah program praktik mengajar di Indonesia Community Center (ICC) Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) serta edukasi Pekerja Migran Indonesia (PMI).

Selama ini, pihak KJRI juga telah melaksanakan kegiatan pendidikan sebagai upaya perlindungan. Kegiatan pendidikan ini direalisasikan dalam bentuk Sekolah Indonesia Johor Bahru (SIJB). SIJB merupakan salah satu bentuk perlindungan bagi anak-anak PMI mengingat banyak dari mereka yang tidak dapat bersekolah di sekolah negeri di Malaysia.

Pihak KJRI Johor Bahru menilai bahwa dengan adanya kerja sama yang tercipta dengan IAIN Kediri, maka kedepannya akan dapat dilakukan pendampingan pendidikan pada PMI di wilayah Johor Bahru dan sekitarnya. Dalam ranah keberlanjutan pendidikan, upaya kerja sama ini dapat diwujudkan dengan pemberian beasiswa bagi para alumni SIJB untuk melanjutkan pendidikan tinggi di IAIN Kediri.

Sumber: Humas IAIN Kediri
Penulis: Zuhrufi Latifah
Editor: Ropingi el-Ishaq


You Might Also Like